Pages - Menu

Kamis, 13 Desember 2012

Bola Piala Dunia 2014

 
Inilah dia, official match ball dari Piala Konfederasi 2013 dan Piala Dunia Antarklub 2012 : Adidas Cafusa. Nama bola ini diambil dari nama salah satu mantan pemain Timnas Brazil, Cafu. Desain dari Adidas Cafusa merefleksikan budaya Brazil yang terkenal akan pesta, samba dan sepakbola. 
Hal tersebut dilambangkan dengan warna bola yang vibran dan unik dengan kombinasi warna hijau dan kuning. Konstruksi Adidas Cafusa serupa dengan konstruksi bola Adidas Tango 12 yang digunakan pada pertengahan 2012 lalu. 
Khusus untuk Adidas Cafusa yang dipakai di Jepang dalam kompetisi FIFA Club World Cup 2012, akan dipasang sebuah microchip. Hal itu bertujuan untuk percobaan teknologi garis gawang yang akan diujikan di turnamen ini. Chip tersebut memungkinkan sensor elektromagnetik yang dipasang di sekitar garis gawang mendeteksi bola. Sehingga, jika bola melewati garis gawang secara penuh dan terjadi gol maka akan memicu reaksi yang akan disalurkan ke jam tangan wasit. Jam tangan wasit akan bergetar 0.3 detik seusai terjadi gol dan memberitahu wasit bahwa gol sudah terjadi. Teknologi tersebut diuji coba bersama dengan teknologi hawk-eye di Jepang.
Untuk teknologi ini akan digunakan di Stadion Yokohama sedangkan teknologi hawk-eye akan digunakan di Toyota Stadium. Beberapa pemain Chelsea beranggapan bahwa bola ini terasa berbeda dengan bola lainnya. Menurut salah seorang pemain, bola ini terasa lebih solid dan keras. Hal yang dikhawatirkan adalah pola terbang bola yang aneh sehingga bisa menyulitkan kiper seperti Adidas Jabulani. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar